PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TEKS ANEKDOT KELAS X SMK NEGERI 3 PALU

Penulis

  • Yunita Kondag Universitas Tadulako Penulis
  • Pratama Bayu Santoso Universitas Tadulako Penulis
  • Israwati Universitas Tadulako Penulis

Kata Kunci:

Teks Anekdot, Media Puzzle, Hasil Belajar

Abstrak

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan. Anekdot selalu dikaitkan dengan tanggapan terhadap fenomena sosial. Sebuah anekdot merupakan sarana penyampaian pesan dan kritikan terhadap fenomena sosial melalui kemasan cerita lucu namun sarat makna. Rasa peka terhadap fenomena yang terjadi di masyarakat sangat bagus sebagai materi pembelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik di sekolah. Rendahnya minat belajar dan motivasi peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks Anekdot berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar peserta didik, hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor antara lain adalah kurangnya media atau inovasi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan penggunaan media puzzle. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah penerapan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Anekdot pada peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Palu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari kegiatan prasiklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I rata-rata 66, rata-rata siklus II 82. Persentase peserta didik yang mencapai nilai tuntas dan rata-rata keseluruhan keduanya mengalami kenaikan. dapat disimpulkan bahwa media ini secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa indonesia materi teks ankedot.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-13